Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Drill pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Maluku Baulin Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut

Main Author: Bahran, Bahran
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1987/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1987/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1987/
Daftar Isi:
  • Bahran, 2011. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Drill pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Maluku Baulin Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut : Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing : (1) Dra. Suraijiah, M.Pd, (2) Surawardi, M. Ag. Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah melalui Metode Drill dapat menjadikan Kemampuan Membaca Al-Qur’an anak pada Sunah-sunah pendek dapat meningkatkan, dan menjadi senang di dalam membaca dan mempelajarinya pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Maluka Baulin Kecamatan Kurau. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai makhraj huruf dan tajwid pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Maluka Baulin Kecamatan Kurau. Subjek penelitian tindakan Kelas III Sekolah Dasar Negeri Maluka Baulin dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri orang siswa laki-laki dan orang siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa, tes, observasi, wawancara dan diskusi antara guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data kemudian dianalisis melalui kajian-kajian reflektif, partisivatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data dan informasi dari guru dan setting, secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Adapun tujuan yang ingin diharapkan dari penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah gara peserta didik dapat lebih senang dan lebih bergairah di dalam membaca surat-surat pendek Al-Qur’an dari dini. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode Drill terbukti signifikan : 1) dapat meningkatkan kemampuan siswa didalam membaca surah Al-Qur’an kelas menjadi efektif dan efisien 2) aktifitas siswa dalam pembelajaran melalui metode Drill ini menyenangkan dan 3) dan dapat membuat siswa lebih kuat ingat ingatan hafalannya dan lebih memudahkan melanjutkan kejenjang berikutnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI khususnya materi membaca Al-Qur’an pada surah-surah pendek yakni siklus pertama rata-rata nilai tercapai 7.20% dan siklus kedua meningkat menjadi rata-rata nilai tercapai 7.78% Dari hal pelaksanaan PTK. Siklus I dan II dan disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode drill dapat menjadikan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an dapat efektif dan efisien meningkat pada siswa kelas III Sekolah Dasar Maluka Baulin Kecamatan Kurau.