Hubungan Penyesuaian Diri terhadap Motivasi Belajar Santriwati Kelas Satu di Pondok Pesantren Al-ihsan Puteri Banjarmasin
Main Author: | Fatimah, Abdul Hamid |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/198/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/198/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/198/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan sebuah pandangan bahwa lingkungan pondok pesantren yang memiliki banyak aturan-aturan, menuntut mereka untuk lebih berusaha menyesuaikan diri.Aturan-aturan pondok pesantren, yaitu di antaranya: menggunakan bercadar, tidak teknologi yang tersedia kecuali handphone yang digunakan bersama, dan lainnya. aturan-aturan pondok pesantren ini berbeda dari pondok yang lain, maka inilah yang menuntut mereka untuk bisa menyesuaiakan diri yang mana dapat mempengaruhi motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana hubungan penyesuaian diri terhadap motivasi belajar di pondok pesantren al-Ihsan puteri Banjarmasin dan mengetahui seberapa besar pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajar di pondok pesantren al-Ihsan puteri Banjarmasin. Adapun subjek dalam penelitian ini ialah santriwati kelas satu pondok pesantren al-Ihsan, sedangkan objek penelitian ini adalah hubungan penyesuaian diri terhadap motivasi belajar santriwati kelas satu di pondok pesantren al-Ihsan Banjarmasin.Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi, wawancara, dan skala.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendektan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri terhadap motivasi belajarSantriwati Kelas Satu di Pondok Pesantren Al-ihsan Puteri Banjarmasin.selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada tiga kategori penyesuaian diri dan motivasi belajar yaitu tinggi, sedang dan rendah.Besarnya pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajarcukup besar, sehingga jika penyesuaian dirinya baik maka motivasi belajar pun akan baik.