Persepsi Nasabah Terhadap PT. BTN Syariah Cabang Banjarmasin

Main Author: Sari, Novita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1888/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1888/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1888/
Daftar Isi:
  • Novita Sari. 2010. Persepsi Nasabah Terhadap PT. BTN Syariah Cabang Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Syariah. Pembimbing: (I) Drs. H. Muhri, M.Ag, Pembimbing (II) Patimatu Zahra, MSI. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa semakin banyaknya bank-bank konvensional yang membuka sistem jaringan atau Cabang Syariah, semakin banyak pula pilihan masyarakat untuk memilih lembaga tersebut dalam bertransaksi keuangan. Mereka yang ingin keluar dari praktik riba cenderung memilih bank yang berlebel Syariah, sehingga diharapkan bank tersebut bukan hanya mengandalkan nama Syariah tetapi benar-benar dalam praktik dan kegiatan operasionalnya berlandaskan dan sesuai Prinsip Syariah. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin melakukan penelitian terhadap persepsi nasabah. Skripsi ini disusun berdasarkan suatu penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian tentang Persepsi Nasabah Terhadap PT. BTN Syariah Cabang Banjarmasin, yang meliputi persepsi nasabah terhadap kegiatan operasional dan produk, penggerak dan pendorong motivasi ekonomi masyarakat, dan pelayanan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Nasabah Terhadap PT.BTN Syariah Cabang Banjarmasin dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi terhadap PT. BTN Syariah tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, metode yang digunakan adalah metode sampel yaitu sebesar 80 sampel dengan teknik purposive sampel, instrumen pengumpulan datanya adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan mengacu pada landasann teori yang ada. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Nasabah Terhadap PT. BTN Syariah Cabang Banjarmasin dari segi kegiatan operasional dan produk dapat dikatakan persepsinya Cukup Baik atau persentasenya 46%, sebagai penggerak dan pendorong motivasi ekonomi masyarkat persepsinya Baik atau persentasenya 69%, dan terhadap pelayanan jasa persepsinya Sangat Baik atau persentasenya 99%. Persepsi ini dipengaruhi oleh faktor pengetahuan yang dapat dikategorikan Cukup Baik atau persentasenya 55%, pengalaman yang Cukup Baik atau persentasenya 46% dan lingkungan sosial yang Kurang Baik atau persentasenya 21%. Kepada pihak PT. BTN Syariah diharapkan untuk terus berupaya mengoptimalkan kinerjanya dalam kegiatan operasional berdasarkan Prinsip Syariah, lebih meningkatkan partisipasinya sebagai penggerak dan pendorong motivasi ekonomi masyarakat serta terus meningkatkan kualitas pelayanan jasa. Dan bagi pihak lain seperti pemerintah dan masyarakat diharapkan berpartisipasi dalam mendorong dan memotivasi PT. BTN Syariah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk mengoptimalkan kinerja PT. BTN Syariah dimasa yang akan datang.