Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara yang Menggunakan Model Realistic Mathematic Education (RME) dan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Armaisah, Armaisah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/182/1/BAB%20I%20pendahuluan.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/182/2/BAB%20IV%20analisis.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/182/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa di kelas yang menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME), bagaimana hasil belajar matematika siswa di kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL), dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin. Sedangkan sampel pada penelitian adalah kelas VIII F sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) dan kelas VIII G sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Materi yang diajarkan adalah sistem persamaan linier dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) rata-rata kelas adalah 76,93; dan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) rata-rata kelas adalah 76,00; serta tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) dan menggunakan model Problem Based Learning (PBL).