Pembelajaran Matematika Kelas Unggulan dan Non Unggulan di Kelas VIII MTsN Habirau Negara Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Ula, Kamaliah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1695/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1695/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1695/
Daftar Isi:
  • Ula Kamaliah. 2014. Pembelajaran Matematika Kelas Unggulan dan Non Unggulan di Kelas VIII MTsN Habirau Negara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Lathifaturrahmah, M.Si. Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai salah satu komponen dasarnya, dimana potensi setiap anak itu berbeda-beda, ada yang memiliki kecerdasan lebih dan ada yang memiliki kecerdasan kurang. Siswa yang mempunyai kecerdasan lebih perlu penanganan khusus dengan membedakan penempatan kelas, yaitu siswa yang mempunyai kecerdasan lebih ditempatkan pada kelas unggulan dan siswa yang memiliki kecerdasan kurang pada kelas non unggulan. Atas perbedaan penempatan kelas ini perlu untuk melakukan penelitian matematika kelas unggulan dan non unggulan di MTsN habirau Negara. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru yang mengajar matematika dan 77 orang siswa kelas VIII-4 dan VIII-2 dan objeknya adalah pelaksanaan pembelajaran matematika kelas VIII-4 dan VIII-2 MTsN Habirau Negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika kelas unggulan di kelas VIII MTsN Habirau Negara yang meliputi perencanaan pembelajaran guru telah membuat rencana pembelajaran dan langkah-langkah dalam kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Adapun pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan pendahuluan guru melakukan appersepsi dan pre test, adapun pada kegiatan inti dalam penyampaiaan materi guru menggunakan metode ekspositori dan tanya jawab, dan menggunakan media power point. Sedangkan untuk latihan guru dapat menggunakan metode bervariasi dan dalam kegiatan penutup siswa bersama-sama membuat rangkuman/kesimpulan dan post test dapat terlaksana sedangkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran guru melaksanakan pre test dan post test dan nilai evaluasi (tes formatif) siswanya sudah mencapai KKM. Pelaksanaan pembelajaran matematika kelas non unggulan di kelas VIII MTsN Habirau Negara yang meliputi perencanaan pembelajaran guru telah membuat perencanaan pembelajaran dan langkah-langkah dalam kegiatan belajar mengajar belum bisa menerapkan secara maksimal sesuai dengan rencana. Adapun pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan pendahuluan guru melakukan appersepsi dan pre test, adapun pada kegiatan inti dalam penyampaiaan materi guru menggunakan metode ekspositori dan tanya jawab, dan menggunakan media power point. Sedangkan untuk latihan karena keterbatan waktu sehingga tidak memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai macam metode pembelajaran dan hanya sebagian siswa saja yang dapat dapat berpartisipasi aktif didalamnya dan dalam kegiatan penutup siswa bersama-sama membuat rangkuman/kesimpulan dan post test sering dijadikan PR. Sedangkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran guru melaksanakan pre test dan post test sering dijadikan PR dan nilai evaluasi (test formatif) siswanya masih ada yang di bawah KKM.