Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Proses Pembelajaran Menulis Al-Qur’an Di TPA Ikal Bulog Banjarmasin Timur
Main Author: | Ahmad, Faisal |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/1694/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/1694/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/1694/3/PERNYATAAN%20KEASLIAN.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/1694/ |
Daftar Isi:
- Faisal, Ahmad. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Proses Pembelajaran Menulis Al-Qur’an Di TPA Ikal Bulog Banjarmasin Timur Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Pembimbing : Dra. Hj. Rusdiana Hamid, M.Ag. Kata Kunci: Efektivitas, Media Gambar, Menulis Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Media gambar dalam proses pembelajaran Menulis Al-Qur’an di TPA Ikal Bulog Banjarmasin Timur. Sedangkan subjek penelitian ini adalah Ustadz dan Ustadzah yang mengajar di TPA Ikal Bulog Banjarmasin Timur, sedangkan objek penelitian ini adalah tentang tingkat keefektifan dari penggunaan media gambar dalam menulis Al-Qur’an di TPA Ikal Bulog. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentar. Data yang diperoleh dari responden,informen, dan dokumentasi kemudian editing, klafikasi, selanjutnya dianalisa secara diskriftif kualitatif dengan menggambarkan kejadian yang sesungguhnya dilapangan dalam bentuk pemaparan, uraian atau kalimat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat efektivitas dari media yang digunakan oleh para Ustadz dan Ustadzah dapat memberikan peningkatan kemampuan para siswa dalam menulis Ayat-ayat Al-Qur’an terutama dalam hal menulis Ayat-ayat pendek karena mereka termotivasi dalam belajar sehingga mereka mampu memahami dengan baik. Para Ustadz dan Ustadzah juga telah mengajar dengan mudah dengan adanya bantuan media gambar tersebut dalam memberikan pelajaran dan lebih cepat memberikan pemahaman kepada Santri.