Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas III Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) pada Madrasah Ibtidaiyah Al Aman Kuin Utara Banjarmasin

Main Author: Rusnani, Hairida
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1601/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1601/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1601/3/surat%20pernyataan.jpg
http://idr.uin-antasari.ac.id/1601/
Daftar Isi:
  • Hairida Rusnani. 2015. Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas III Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) pada Madrasah Ibtidaiyah Al Aman Kuin Utara Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Hj. Nida Mufidah, M.Pd. Kata Kunci: Kosakata, Metode Total Physical Response (TPR) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III semester II pada MI Al Aman Banjarmasin untuk mata pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) yang dapat meningkatkan kemampuan kosakata siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifkualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al Aman Banjarmasin pada semester genap tahun pelajaran 20142015, dengan jumlah siswa 15 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknikobservasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 sebesar 64%, akhir siklus 2 sebasar 72%, dan akhir siklus 3 menjadi 80%, jika pada siklus 1 dan siklus 2 masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan seperti ketuntasan belajar dan presentase hasil belajar, maka pada siklus 3 komponen tersebut sudah bagus dilaksanakan siswa; (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata keseluruhan dari siklus 1 memperoleh skor 56, siklus 2 memperoleh skor 61, dan siklus 3 memperoleh skor 65dengan rata-rata skor adalah 61.Olehsebabitu, secaraumummetodepembelajaranTotal Physical Response (TPR)tersebutefektifdigunakansebagaimetodepembelajaranBahasaInggris dan dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas III MI Al Aman Kuin Utara Banjarmasin.