Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin

Main Author: Zayadi, Ahmad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/159/1/I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/159/2/IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/159/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 di SD-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) evaluasi pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar pada kelas 1 di SDSN Karang Mekar 1 Banjarmasin sebanyak 3 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah implementasi kurikulum 2013 di SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) evalusai pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data dimulai dengan pengolahan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Setelah data terkumpul dan diolah, selanjutnya disajikan secara deskriptif kualitatif dalam bentuk uraian-uraian, sehingga dapat menggambarkan permasalahan yang diteliti secara memadai dan utuh. Setelah itu diadakan analisis data secara kualitatif dengan merangkai dan membahas data, baik menurut teori atau pun pendapat penulis sendiri. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tahap perencanaan yang dilakukan G1, G2, dan G3 yang mengajar pada kelas 1 di SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin mencakup silabus dan RPP sudah memenuhi sebagai silabus dan RPP yang termuat dalam Permendikbud Nomor 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, hal itu terlihat dari komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Selanjutnya, tahap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan G1, G2, dan G3 dapat dikatakan sudah terlaksana dengan baik sebagaimana yang diarahkan dalam Permendikbud Nomor 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, hal itu terlihat dari pendekatan Scientifik yang mereka gunakan. Kemudian, pada tahap evaluasi pembelajaran yang dilakukan G1, G2, dan G3 yang mengajar pada kelas 1 di SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin mencakup penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan seperti yang termuat dalam Permendikbud Nomor 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah sudah terlaksana dengan baik, hal itu terlihat dari berbagai teknik yang mereka gunakan seperti penilaian observasi, unjuk kerja dan tes tertulis.