Meningkatkan HasilBelajardan Aktivitas Siswa Pada Materi Operasi Hitung Campuran dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas II MI Al Aman Banjarmasin TahunPelajaran 2014/2015
Main Author: | Mahmudah, Mahmudah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/1577/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/1577/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/1577/3/IMG_20150821_143901.jpg http://idr.uin-antasari.ac.id/1577/ |
Daftar Isi:
- Mahmudah. 2015. Meningkatkan HasilBelajardan Aktivitas Siswa Pada Materi Operasi Hitung Campuran dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas II MI Al Aman Banjarmasin TahunPelajaran 2014/2015.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Lathifaturrahmah, M.Si Kata Kunci: Operasi Hitung Campuran, Model PembelajaranKooperatifTipeThink Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II semester II pada MI Al Aman Banjarmasin untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan modelPembelajaranKooperatifTipeThink Pair Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Al Aman Banjarmasin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 16 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 sebesar 66% dan akhir siklus 2 menjadi 82%, jika pada siklus 1 masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan seperti disiplin dalam diskusi dan menyimpulkan hasil pelajaran, maka pada siklus 2 komponen tersebut sudah bagus dilaksanakan siswa; (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata keseluruhan dari siklus 1 memperoleh skor 52,5 dan siklus 2 memperoleh skor 67,4.Olehsebabitu, secaraumummodelPembelajaranKooperatifTipeThink Pair Share (TPS)tersebutdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas II MI Al Aman Banjarmasin