Kemampuan Membaca Alquran pada Mahasiswa PGMI Angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin

Main Author: Aghnaita, Aghnaita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1576/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1576/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1576/3/img359.jpg
http://idr.uin-antasari.ac.id/1576/
Daftar Isi:
  • Aghnaita. 2015. Kemampuan Membaca Alquran pada Mahasiswa PGMI Angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Rusdiana Husaini, M.Ag. Kata kunci: Kemampuan, membaca Alquran, mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca Alquran pada mahasiswa PGMI angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi dalam penelitian ini adalah 186 orang. Sedangkan sampel penelitiannya adalah 50 orang, dengan teknik penarikan sampel menggunakan qouta sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah checking, editing, coding, skoring, tabulating, dan interpretasi data. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata (mean) kemampuan mahasiswa berdasarkan kefasihan membaca Alquran dengan makharijul huruf yaitu 79,4 kategori mampu. Nilai rata-rata (mean) berdasarkan kemampuan membaca Alquran dengan kaidah ilmu tajwid yaitu 84,3 kategori sangat mampu. Sedangkan nilai rata-rata (mean) pengetahuan tentang kaidah ilmu tajwid yaitu 51,2 kategori kurang mampu. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi pengalaman belajar yang cukup baik, sering dalam melatih dan mengulangi bacaan, memiliki motivasi yang sangat baik, serta memiliki minat yang cukup baik. Adapun faktor eksternal meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat yang telah memberikan dorongan untuk belajar membaca Alquran dengan baik.