Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Alquran Di Kelas X-1 SMA PGRI 4 Banjarmasin
Main Author: | Saini, Ahmad |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/157/1/BABI_Revisi.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/157/2/BABIV_Revisi.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/157/ |
Daftar Isi:
- Guru sangat berperan mempengaruhi kemampuan seorang siswa. Strategi pembelajaran Pendidikan Alquran yang dilakukan guru sangat diperlukan dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa. Seorang guru harus dapat memotivasi, mempersiapkan, menguasai bahan dan metode untuk mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Alquran. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi adalah apa saja strategi guru Pendidikan Alquran dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi guru Pendidikan Alquran dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran di Kelas X-1 SMA PGRI 4 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa SMA PGRI 4 Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru PAI yang juga memegang mata pelajaran Pendidikan Alquran di SMA PGRI 4 Banjarmasin. Adapun objek penelitian ini adalah strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di Kelas X-1 SMA PGRI 4 Banjarmasin. Tekhnik yang digunakan untuk menggali data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data diolah melalui editing dan pengklasifikasian data. Data tersebut disajikan secara deskriptif kualitatif dengan tekhnik induktif untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di Kelas X-1 SMA PGRI 4 Banjarmasin dapat dikatakan cukup baik, karena ada beberapa strategi yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca alquran yang efektif sesuai karakter materi membaca alquran. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa yaitu latar belakang pendidikan guru, media dan minat siswa sangat mempengaruhi bagaimana bentuk dari strategi yang guru gunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Oleh sebab itu dengan adanya strategi guru yang terencana dan tepat, dapat memudahkan dan membantu anak didik dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran anak didik.