Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf-Huruf Hijaiyah Dengan Metode Iqra’ Pada Siswa kelas I MI An Nuriyah I Kelayan Luar Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin

Main Author: Rusmiana, Abd. Sani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1490/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1490/2/BAB%20IV%2C.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1490/3/007.jpg
http://idr.uin-antasari.ac.id/1490/
Daftar Isi:
  • Rusmiana. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf-Huruf Hijaiyah Dengan Metode Iqra’ Pada Siswa kelas I MI An Nuriyah I Kelayan Luar Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, fakultas tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Dr. Hj. Romdiyah, M.Pd. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Iqra’ Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta kemampuan membaca permulaan siswa kelas I semester II pada MI An Nuriyyah I untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode iqra’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI An Nuriyyah I Banjarmasin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, berjumlah 12 orang,, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, peningkatan tersebut dari pertemuan pertama siklus I ke pertemuan kedua siklus I terjadi peningkatan sebesar 15%, pertemuan kedua siklus I ke pertemuan pertama siklus II sebesar 5% dan dari pertemuan pertama siklus II ke pertemuan kedua siklus II terjadi peningkatan sebesar 5%. (2) Sedangkan aktivitas guru juga terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus II, peningkatan tersebut dari pertemuan pertama siklus I ke pertemuan kedua siklus I terjadi peningkatan sebesar 11,54%, dari pertemuan kedua siklus I ke pertemuan pertama siklus II meningkat sebesar 7,69% dan dari pertemuan pertama siklus II ke pertemuan kedua siklus II meningkat sebesar 3,85%. (3) Kemampuan membaca permulaan juga meningkat dengan nilai rata-rata yang meningkat dari siklus I sampai siklus II. Peningkatannya terjadi dari pertemuan pertama siklus I ke pertemuan kedua siklus I sebesar 33,33% dengan nilai rata-rata 2,38. Pertemuan kedua siklus I ke pertemuan pertama siklus II terjadi peningkatan sebesar 5% dengan nilai rata-rata 2,84 dan dari pertemuan pertama siklus II ke pertemuan kedua siklus II terjadi peningkatan sebesar 28,35% dengan nilai rata-rata sebesar 2,91.