Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Siswa Kelas II dengan Menggunakan Media Benda Konkrit pada Mata Pelajaran Matematika di MI Al Mujtahidin Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara

Main Author: Rahmanuddin, Rahmanuddin
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1467/1/Bab%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1467/2/Bab%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1467/
Daftar Isi:
  • Rahmanuddin. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Siswa Kelas II dengan Menggunakan Media Benda Konkrit pada Mata Pelajaran Matematika di MI Al Mujtahidin Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Yahya MOF, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Menghitung Perkalian, Media Benda Konkrit. Secara umum matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan tidak disukai oleh siswa. Hasil pembelajaran matematika pun seringkali tidak sesuai dengan yang diharapkan, salah satunya pada materi operasi hitung perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian akan meningkat melalui penggunaan media benda konkrit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Al Mujtahidin pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 16 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan, pada akhir pertemuan siklus I sebesar 66% naik menjadi 84% pada akhir pertemuan siklus II; (2) Hasil belajar siswa baik secara individual maupun klasikal juga mengalami peningkatan, rata-rata hasil belajar siswa pada akhir pertemuan siklus I 64,38 naik menjadi 81,88 pada akhir pertemuan siklus II dan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan pun sudah terpenuhi. Simpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penggunaan media benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa kelas II MI Al Mujtahidin Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi proses pembelajaran Matematika di sekolah.