Meningkatkan Kemampuan Menghitung Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Kubus Soma Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MIN Sungai Sipai

Main Author: Kirmani, Muhammad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1410/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1410/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1410/
Daftar Isi:
  • Muhammad Kirmani, 2014. Meningkatkan Kemampuan Menghitung Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Kubus Soma Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MIN Sungai Sipai Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Kelas MI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing. Dra. Hj. Nurjannah Rianie, M.Ag. Kata Kunci : Kemampuan Menghitung, volume kubus, volume balok, dan kubus soma Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Media Kubus Soma pada Pelajaran Matematika dapat Meningkatkan Kemampuan Menghitung Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V MIN Sungai Sipai Martapura dan apakah Media Kubus Soma dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru MIN Sungai Sipai. Tujuan penelitian ini ingin meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung volume Kubus dan balok, dan meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan Media Soma. Media merupakan alat bantu belajar dan mengajar yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan siswa dan guru yang menggunakannya. Kubus Soma adalah media konkrit yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar matematika khususnya kubus dan balok, dengan media ini siswa dapat melihat secara langsung benda-benda yang berbentuk kubus maupun balok. Dengan media ini siswa dapat menghitung volume kubus dan balok tersebut. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu praktik pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa menggunakan media kubus soma terus meningkat dari siklus I pertemuan pertama rata-rata nilai 51,6 kemudian pada siklus I pertemuan kedua 67,4, da terakhir siklus kedua dengan rata-rata 79,3. (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan media kubus soma telah meningkat, yaitu kegiatan pembelajaran guru baik dengan presentase rata-rata siklus I pertemuan pertama 56,6 % dan pada siklus I pertemuan kedua 80,0 %, dan pada siklus II 93,33 %