Efektivitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin

Main Author: Rusiana, Rudin
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1403/1/BAB%201.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1403/2/BAB%204.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1403/
Daftar Isi:
  • Rusiana. 2015. Efektivitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: H. Fahmi Hamdi, Lc, MA. Penelitian ini mengemukakan tentang efektivitas pembelajaran Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin, sejauh mana efektivitas pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran dan mengetahui efektivitas pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru pengajarAlquran dan115 siswa kelas VI yang sudah tingkat Alquran kelas gharib dan tajwid, sedangkan objek penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, angket, tes kemampuan dan dokumentasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, koding, tabulating serta interpretasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Meliputi pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai dengan pedoman mengajar metode Ummi. Efektivitas pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin dapat dikatakan efektif hal ini dilihat dari proses dan hasil pembelajaran dari hasil angket proses pembelajaran menunjukkan tanggapan positif dari siswa dan dari hasil tes kemampuan siswa membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dari 115 siswa diketahui kemampuan membaca Alquran dengan makhraj huruf dengan nilai rata-rata 88,65 dan nilai rata-rata kefasihan membaca Alquran dengan kaidah ilmu tajwid yaitu 87,95 termasuk kategori sangat mampu dan mencapai tujuan pembelajaran tahsin Alquran di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Yaitu siswa mampu membaca Alquran dengan tartil.