STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA

Main Author: Sarkila, Budian Noor
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/14/13/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/14/8/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/14/
ctrlnum 14
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/14/</relation><title>STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA&#xD; DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA</title><creator>Sarkila, Budian Noor</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak baik itu anak normal atau pun anak yang memiliki kelainan fisik. Karena dengan adanya pendidikan anak-anak akan lebih terarah dan terjaga dalam proses tingkah lakunya terutama pada anak yang memiliki kelainan. Mereka juga mempunyai hak yang sama dengan anak normal pada umumnya dalam memperoleh pendidikan khususnya mata pelajaran PAI, dengan belajar Pendidikan Agama Islam siswa Tunagrahita di SDLB Negeri Marabahan minimal dapat mengatasi permasalahan ringan yang dihadapinya dalam proses pembelajaran dikehidupan sehari-hari. &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja strategi pembelajaran PAI dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala.&#xD; Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru yang mengajar Pendidikan Agama Islam yang mengajar di kelas IV dan 14 orang siswa di SDLB Negeri Marabahan Kabupaten Barito kuala. Adapun yang menjadi Objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Agama Islam di SDLB Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. &#xD; Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan melalui observasi, wawancara dan dokumenter, adapun teknik pengolahan data yang di gunakan adalah klasifikasi data dan interpretasi data, kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif.&#xD; Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PAI di SDLB Negeri Marabahan yang diterapkan adalah strategi picture and picture yang dimulai dari penjelasan awal dari guru sebagai materi pengantar kemudian guru menunjukan picture-picture yang berkaitan dengan materi pembelajaran, dan memanggil masing-masing siswa secara bergantian untuk memasang/menempel picture-picture kedepan kelas sesuai dengan urutan yang logis. Guru kemudian menanyakan alasan siswa tentang urutan picture-picture dan mulai menanamkan konsep/ materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Dengan penggunaan strategi picture and picture siswa tunagrahita begitu antusias dalam proses transper ilmu, karena perencanaan, materi yang sesuai diberikan, metode dan alat yang digunakan, dengan adanya aktifitas guru dan siswa pada saat pembelajaran sehingga dapat dilaksanakannya evaluasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam strategi pembelajaran PAI pada siswa Tunagrahita di SDLB Negeri Marabahan yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor fasilitas dan faktor lingkungan.</description><date>2015-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/14/13/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/14/8/BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> Sarkila, Budian Noor (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. </identifier><recordID>14</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sarkila, Budian Noor
title STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA
publishDate 2015
topic L Education (General)
url http://idr.uin-antasari.ac.id/14/13/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/14/8/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/14/
contents Penelitian ini dilatar belakangi bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak baik itu anak normal atau pun anak yang memiliki kelainan fisik. Karena dengan adanya pendidikan anak-anak akan lebih terarah dan terjaga dalam proses tingkah lakunya terutama pada anak yang memiliki kelainan. Mereka juga mempunyai hak yang sama dengan anak normal pada umumnya dalam memperoleh pendidikan khususnya mata pelajaran PAI, dengan belajar Pendidikan Agama Islam siswa Tunagrahita di SDLB Negeri Marabahan minimal dapat mengatasi permasalahan ringan yang dihadapinya dalam proses pembelajaran dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja strategi pembelajaran PAI dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru yang mengajar Pendidikan Agama Islam yang mengajar di kelas IV dan 14 orang siswa di SDLB Negeri Marabahan Kabupaten Barito kuala. Adapun yang menjadi Objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Agama Islam di SDLB Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan melalui observasi, wawancara dan dokumenter, adapun teknik pengolahan data yang di gunakan adalah klasifikasi data dan interpretasi data, kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PAI di SDLB Negeri Marabahan yang diterapkan adalah strategi picture and picture yang dimulai dari penjelasan awal dari guru sebagai materi pengantar kemudian guru menunjukan picture-picture yang berkaitan dengan materi pembelajaran, dan memanggil masing-masing siswa secara bergantian untuk memasang/menempel picture-picture kedepan kelas sesuai dengan urutan yang logis. Guru kemudian menanyakan alasan siswa tentang urutan picture-picture dan mulai menanamkan konsep/ materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Dengan penggunaan strategi picture and picture siswa tunagrahita begitu antusias dalam proses transper ilmu, karena perencanaan, materi yang sesuai diberikan, metode dan alat yang digunakan, dengan adanya aktifitas guru dan siswa pada saat pembelajaran sehingga dapat dilaksanakannya evaluasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam strategi pembelajaran PAI pada siswa Tunagrahita di SDLB Negeri Marabahan yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor fasilitas dan faktor lingkungan.
id IOS4802.14
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:14:19Z
last_indexed 2017-10-30T02:14:19Z
recordtype dc
_version_ 1683450856606793728
score 17.538404