Kemampuan Siswa Dalam Baca Tulis Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pasar Panas Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong

Main Author: Marhadi, Marhadi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1296/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1296/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1296/
Daftar Isi:
  • Marhadi, 2014, Kemampuan Siswa Dalam Baca Tulis Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pasar Panas Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: Hj. Mila Hasanah, M.Ag Skripsi ini mengemukakan tentang kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pasar Panas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pasar Panas. Kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pasar Panas dalam pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan adanya indikasi bahwa sebagian anak belum dapat menunjukkan kemampuannnya baca tulis Al Qur’an, dan hanya sebagian kecil anak yang dapat menunjukkan kemampuannya baca tulis Al Qur’an meskipun dalam bentuk baca tulis Al Qur’an dengan sederhana. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dalam rangka mengupayakan dan meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pasar Panas Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pasar Panas tahun pelajaran 2014/2015 kemudian dari populasi tersebut diambil sampel dari kelas II s/d kelas VI sebanyak 30 orang. Dalam penggalian data ini penulis mengemukakan teknik tes, non tes yang meliputi observasi, angket, wawancara dan dokumenter. Dalam pengulahan data ditempuh langkah-langkah yaitu editing,koding, tabulasi. Kemudian data tersebut disajikan dalam bentuk tabel dan diberikan penjelasan seperlunya, selanjutnya data data tersebut dianalisa secara kuantitatif serta penarikan kesimpulan dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian ternyata membuktikan bahwa tingkat kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pasar Panas dikategorikan tinggi. Hal ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu jumlah alokasi waktu pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an yang cukup, sarana dan fasilitas belajar siswa yang memadai, keaktifan siswa yang selalu membaca Al-Qur’an, bimbingan dan motivasi dari orang tua