Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi semacam upaya meminimalisasi kerugian pada pembiayaaan Griya iB Hasanah di bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Penelitian ini didasarkan pada dua permasalahan, strategi meminimalisasi kerugian pada produk Griya iB Hasanah di bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Penyebab kerugian pada produk Griya iB Hasanah di bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriftif kualitatif, yaitu penulis akan meneliti dan mengamati secara langsung tentang objek penelitian di lapangan secara faktual dan cermat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya dengan teknik analisis deskriptif dengan mengacu pada landasan teori yang ada dan di proses melalui editing dan kategorisasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: Pertama startegi meminimalisasi kerugian pada produk Griya iB Hasanah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmsin yaitu melakukan survei, pengawasan sebelum pencairan, pengawasan langsung, pengawasan tidak langsung, tindakan revitalisasi, penagihan oleh petugas, melakukan negoisasi terlebih dahulu, pengambil alihan agunan. Kedua penyebab kerugian pada produk Griya iB Hasanah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin yaitu faktor internal dan faktor ekstenal. Faktor internal dapat mengakibatkan kerugian karena pihak bank bekerjasama dengan nasabah untuk keuntungan pribadi sedangkan faktor ekstenal yaitu dari nasabah sendiri yang tidak ada i’tikad baik dalam pelunasan pembiayaan walaupun usahanya berkembang, sehingga kewajiban diabaikan.