Daftar Isi:
  • Belajar adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar. Dalam kegiatan belajar, seseorang menggunakan hampir semua panca indra dan pikirannya. Masing-masing individu, termasuk peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda. Ada yang menggunakan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hal ini juga terlihat di peserta didik yang ada di MAN 3 Banjarmasin. Beragamnya gaya belajar siswa tersebut menjadikan peneliti tertarik untuk mengetahui lebih mendalam apakah terdapat pengaruh antara gaya belajar terhadap prestasi siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI di MAN 3 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasional (correlational research). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di MAN 3 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive random sampling dengan sampel sebanyak 155 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner tentang gaya belajar, studi dokumenter, dan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan software SPSS v.22. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang sangat rendah antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MAN 3 Banjarmasin. Hasil ini ditunjukkan pada nilai sig sebesar 0,068. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh gaya belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) adalah sebesar 0,5% sedangkan sisanya 99,5% prestasi belajar dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.