Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karang Intan Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya diterapkan melalui model pembelajaran problem posing dan konvensional, dan perbedaan peningkatan antara kemampuan literasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing dan konvensional pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Karang Intan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Karang Intan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive sampling, dimana sampelnya siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. teknik pengumpulan data meliputi tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah sistem persamaan linear tiga variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa; peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional sebesar 0,487 yang berada pada kualifikasi sedang dan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan model pembelajaran problem posing sebesar 0,646 juga berada pada kualifikasi sedang. Terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kemampuan literasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing dan konvensional.