Kemampuan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan Kuadrat Melalui Pendekatan Saintifik Siswa Kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kemampuan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan Kuadrat Melalui Pendekatan Saintifik Siswa Kelas IX di MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX MTs Muhammadiyah 3 Al-furqan Banjarmasin yang berjumlah 28 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kemampuan keterampilan proses pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah bentuk tes uraian terdiri dari 4 soal untuk melihat kemampuan ketrampilan proses pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat, observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data tes uraian menunjukan bahwa kemampuan keterampilan proses pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat dalam menyelesaikan butir soal 1 hanya mencapai 75,15%, kemampuan keterampilan proses pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat dalam menyelesaikan butir soal 2 hanya mencapai 70,23%, kemampuan keterampilan proses pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat dalam menyelesaikan butir soal 3 hanya mencapai 68,45%, kemampuan keterampilan proses pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat dalam menyelesaikan butir soal 4 hanya mencapai 72,17%, hal ini menunjukan bahwa kemampuan keterampilan proses pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat mencapai 71,50% dari 28 siswa sehingga kemampuan siswa dalam berterampil dalam proses pemecahan masalah dikategorikan cukup.