Daftar Isi:
  • Salah satu model pelajaran yang tergolong interaktif adalah model pembelajaran Anchored Instruction (AI) serta ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan dalam faktorisasi aljabar adalah alat peraga blok aljabar. Dengan bantuan alat peraga blok aljabar ini diharapkan model pembelajaran Anchored Instruction (AI) lebih dapat meningkatkan hasil belajar dari peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction (AI) berbantu alat peraga blok aljabar dan tanpa berbantu alat peraga blok aljabar, serta untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan model pembelajaran Anchored Instruction (AI) dengan alat peraga blok aljabar pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII MTs Kebun Bunga Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Kebun Bunga Banjarmasin. Sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian adalah kelas VIII B dengan jumlah 18 orang sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII A dengan jumlah 18 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas eksperimen berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 77,78 dan di kelas kontrol berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 69,33. Setelah diuji dengan uji N-gain hasilnya menunjukkan penggunaan model Anchored Instruction (AI) dengan alat peraga efektif digunakan pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII MTs Kebun Bunga Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018.