Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan Media Ular Tangga 3D (ULTRA 3D) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMP Nahdlatul Ulama Banjarmasin
Daftar Isi:
- Seorang guru dituntut untuk cermat dalam memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan siswa dan materi yang akan diajarkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien, serta mampu memotivasi peserta didik dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran TGT dengan media ular tangga 3D pada mata pelajaran bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP Nahdlatul Ulama Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk Quasi experimental design dengan rancangan The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IX A dan IX B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji beda yaitu uji Mann-Whitney (Uji U). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dengan media ular tangga 3D efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP Nahdlatul Ulama Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019.