Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengemukakan tentang pelaksanaan pembelajaran ilmu sharaf di Madrasah Ibtidaiyah Darul Aman Pandahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran ilmu sharaf di Madrasah Ibtidaiyah Darul Aman Pandahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran ilmu sharaf Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Aman Pandahan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang guru ilmu sharaf, sedangkan objeknya adalah pembelajaran ilmu sharaf di Madrasah Ibtidaiyah Darul Aman pandahan kecamatan Bati-bati Kabupaten Tanah Laut di kelas V yang berjumlah 36 orang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumenter. Setelah data yang digali telah terkumpul, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh simpulan bahwa Pembelajaran ilmu sharaf di Madrasah Ibtidaiyah kelas V Darul Aman Desa pandahan kecamatan Bati-bati Kabupaten Tanah Laut secara umum sudah terlaksana dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya, namun ada kekurangan dari segi pelaksanaan seperti penggunaan media yang kurang sehingga peserta didik menjadi bosan pada penggunaan media yang monoton tersebut. Hal-hal yang belum terpenuhi dalam pelaksaaan pembelajaran ilmu Sharaf yaitu tidak adanya pembuatan program perencanaan dalam pembelajaran ilmu sharaf meliputi dari pembuatan program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksaan pembelajaran (RPP). Adapun dari segi faktor-faktornya juga mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran tersebut, faktor latarbelakang, pendidikan guru, pengalaman mengajar, faktor siswa dilihat dari segi minat dan perhatiannya, faktor sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan faktor lingkungan sekolah sudah mendukung terhadap pelaksanaan pembelajara