Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Inside-Outside-Circle terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di kelas XI MA Siti Mariam Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk Pre Experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MA Siti Mariam Banjarmasin. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2018/2019.Sampel yang diambil untuk dijadikan sebagai subjek penelitian dilakukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dari data angket aktivitas siswa dan angket model pembelajaran Inside-Outside-Circle (IOC) serta data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar di kelas XI IPA 2018/ 2019 dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Inside-Outside-Circle (IOC) nilai persentase rata-ratanya adalah 64,57% dengan kualifikasi aktif, hasil belajar siswa dengan menggunakan model Inside-Outside-Circle (IOC) nilai persentase rata-ratanya adalah 84,87% dengan kualifikasi baik sekali, dan penggunaan model Inside-Outside-Circle (IOC) berpengaruh terhadap aktivitas belajar materi jenis-jenis matriks pada siswa kelas XI IPA MA Siti Mariam Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 serts penggunaan model Inside-OutsideCircle (IOC) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi jenis-jenis matriks pada siswa kelas XI IPA MA Siti Mariam Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019.