Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pemberian hadiah (reward) dan hukuman (punishment) serta mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pemberian hadiah (reward) dan hukuman (punishment) pada proses pembelajaran. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Al-Istiqamah Banjarmasin yang terdiri dari kelas XI A dan XI B. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh oleh karena itu sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI MA Al-Istiqamah Banjarmasin, dimana kelas XI A diajar dengan pemberian hadiah (reward) dan kelas XI B diajar dengan pemberian hukuman (puishment). Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pemberian hadiah (reward) berada pada kualifikasi kualifikasi baik. Hasil belajar matematika yang diajar dengan pemberian hukuman (punishment) berada pada kualifikasi baik. Berdasarkan hasil angket, respon siswa terhadap metode hadiah (reward) berada pada kualifikasi baik dan hukuman (punishment) berada pada kualifikasi cukup.