Daftar Isi:
  • Pembelajaran dengan menggunakan strategi dikembangkan atas dasar memenuhi kebutuhan siswa, kerena pada kenyataannya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki rumusan masalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran SKI dengan menggunakan strategi college ball siswa kelas III di MIN 5 Tanah Laut ?. 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran SKI dengan menggunakan strategi college ball siswa kelas III di MIN 5 Tanah Laut ?. 3) Apakah ada pengaruh strategi college ball terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI ?. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui proses pembelajaran SKI dengan menggunakan setrategi college ball siswa kelas III di MIN 5 Tanah Laut. 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas III pada pelajaran SKI dengan menggunakan strategi college ball. 3) Mengetahui pengaruh strategi college ball terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan dan pendekatan kuantitatif dengan Desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini, yaitu semua peserta didik kelas III berjumlah 22 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran di lakukukan dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan yang berisi kegiatan awal, kegiatan inti (pretest, penyampaian materi, dan penerapan strategi college ball), dan kegiatan akhir (evaluasi dan posttest). 2) hasil belajar siswa sebelum diterapkan strategi college ball pada mata pelajaran SKI di MIN 5 Tanah Laut mendapatkan nilai rata-rata 40,90 yang berada pada akualifikasi kurang. Hasil belajar siswa sesudah diterapkan strategi college ball pada mata pelajaran SKI di MIN 5 Tanah Laut mendapatkan nilai rata-rata 76,36 yang berada pada kualifikasi amat baik. 3) penggunaan strategi college ball memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MIN 5 Tanah Laut. Hal ini terlihat dimana telah dibuktikan melalui hasil Uji t pairet dimana Ha di terima dan H0 di tolak.