Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Tematik Integratif Kelas III MIN 6 Banjar
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar tematik antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe round robin dengan peserta didik yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe round robin dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round robin terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas III di MIN 6 Banjar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas III di MIN 6 Banjar tahun pelajaran 2018/2019. Kelas III A sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round robin) dan kelas III B sebagai kelas kontrol (tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round robin). Materi yang diajarkan adalah tematik tema 1 pertumbuhan dan perkembangbiakan makhluk hidup dengan sub bahasan perkembangbiakan dan daur hidup hewan. Data kemampuan awal peserta didik diambil dari nilai pretest dan nilai posttest sebagai data penelitian. Hasil belajar tematik peserta didik kelas III di MIN 6 Banjar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round robin nilai rata-rata pretest 43,85 dan nilai rata-rata posttest 70,38sedangkan hasil belajar tematik kelas III di MIN 6 Banjar dengan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round robin nilai rata-rata pretest 44,23 dan nilai rata-rata posttest 60,38. Berdasarkan hasil pengujian dengan Uji t pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round robin dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional didapat nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, maka 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round robin terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran tematik kelas III di MIN 6 Banjar.