Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wita Islamiah, 2019. Pembelajaran Alquran pada Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Martapura Kabupaten Banjar, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: (I) Muhdi, M.Ag (II) Dr. Siti Aisyah, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Alquran pada Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Martapura yang meliputi tentang tujuan, materi, metode, strategi, media, dan evaluasi pembelajaran Alquran Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah ±25 orang anak, 2 orang pengajar, dan kasi pembinaan sedangkan objek penelitiannya adalah pembelajaran Alquran pada anak yang dilaksanakan di LPKA Kelas 1 Martapura. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, koding dan interpretasi data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Alquran pada anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Martapura meliputi tujuan pembelajaran Alquran yakni agar anak tidak lagi buta aksara dalam membaca Alquran, materi pembelajaran Alquran terbagi menjadi dua yaitu materi klasikal berupa pemberian materi mengenai ilmu tajwid dan materi privat dengan menggunakan iqra, metode dan strategi pembelajaran Alquran juga terbagi dua yakni metode yang digunakan untuk materi klasikal berupa metode ceramah dan tanya jawab kemudian untuk materi privat menggunakan metode iqra, media pembelajaran Alquran meliputi media audio berupa pengeras suara, media visual berupa papan tulis dan media cetak berupa buku panduan tajwid untuk mengajar Alquran. Evaluasi pembelajaran Alquran dilaksanakan ketika anak mengaji privat, ustadz akan menanyakan hukum bacaannya kepada anak. Selain itu, evaluasi juga dilaksanakan ketika anak akan melakukan pembebasan bersyarat