Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Alquran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Al-Manar Desa Pulau Sugara Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya persepsi dalam pembelajaran. Persepsi merupakan faktor yang berpengaruh dalam kegiatan belajar. Jika persepsi baik maka akan menimbulkan sikap yang baik, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) persepsi peserta didik terhadap pembelajaran Alquran Hadits? 2) faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi peserta didik terhadap pembelajaran Alquran Hadits. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 49 orang. Pengumpulan data diambil dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumenter. Setelah data terkumpul selanjutnya diproses melalui editing, skoring, tabulating, prosentase dan interpretasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pembelajaran Alquran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Desa Pulau Sugara Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: persepsi peserta didik terhadap guru Alquran Hadits yang dapat dikategorikan sangat baik, persepsi peserta didik terhadap materi pelajaran Alquran Hadits yang dapat dikategorikan sangat baik, dan persepsi peserta didik terhadap sarana yang dapat dikategorikan kurang baik. Sedangkan berkanaan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi peserta didik terhadap pembelajaran Alquran Hadits yaitu faktor internal: perhatian, minat, pengalaman, dan faktor eksternal: guru, materi, dan sarana.