Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan motivasi belajar agama siswa di SMK Bina Banua Banjarmasin
Daftar Isi:
- Dalam pengamatan penulis ketika PPL, ditemukan sebagian besar siswa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta siswa masih awam akan pengetahuan dan keterampilan agama. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya dan hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan motivasi belajar agama siswa di SMK Bina Banua Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, objek dalam penelitian ini adalah upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan motivasi belajar agama siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Teknik pengolahan data dengan cara koleksi data, pengeditan data dan klasifikasi data. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan motivasi belajar agama siswa, yaitu dengan meningkatkan minat belajar siswa, menggunakan metode dan strategi pembelajaran dan dengan cara khusus guru dalam memberikan motivasi belajar agama siswa. Adapun hambatan dalam upaya memberikan motivasi belajar agama berupa respon siswa yang berlebihan, materi pelajaran yang kurang menarik, suhu ruangan dan kegiatan yang dapat membuat pelaksanaan pembelajaran terhambat.