Daftar Isi:
  • Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 5 Hulu Sungai Utara yang meliputi penggunaan metode pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi metode pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah metode–metode sejarah kebudayaan Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam menerapkan metode tersebut didalam proses pembelajaran, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru yang mengajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 5 Hulu Sungai Utara. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi. Wawancara dan dukomenter. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi data dan interpretasi data, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa metode pembelajaran sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 5 Hulu Sungai Utara berjalan dengan baik, metode yang digunakan adalah metode diskusi, tanya jawab, ceramah serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajarannya yaitu faktor tujuan, faktor situasi dan kondisi, faktor sarana dan prasaran serta faktor guru.