Daftar Isi:
  • Khairiana Fitri. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Matematika Realistik dan Konvensional pada Materi Operasi Pecahan Siswa Kelas VII mts Al-Istiqamah Banjarmasin Tehun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Dr. M. Sabirin, S.Pd., M.Si. dan Prof. Dr. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd. Kata Kunci: Perbandingan, Pembelajaram Matematika Realistik, Konvensional Pembelajaran matematika realistik merupakan suatu pendekatan yang menjanjikan dalam pembelajaran matematika. Berbagai pustaka menyebutkan bahwa pembelajaran matematika realistik berpotensi meningkatkan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik pada materi operasi pecahan; hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi operasi pecahan; dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran konvensional pada materi operasi pecahan pada siswa kelas VII MTs Al-Istiqamah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Al-Istiqamah Banjarmasin dengan teknik cluster random sampling dimana kelas VII B sebagai kelas dengan pembelajaran matematika realistik dan kelas VII C sebagai kelas dengan pembelajaran konvensional. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah operasi pecahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik pada materi operasi pecahan berada pada kualifikasi amat baik dengan nilai rata-rata 81.68; hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi operasi pecahan berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 70,57; terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran konvensional pada materi operasi pecahan pada kelas VII MTs Al-Istiqamah Banjarmasin.