Perbandingan Pemahaman Konsep Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op pada Materi Irisan dan Gabungan Siswa Kelas VII MTsN 12 Tabalong Tahun Pelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe co-op co-op serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe co-op co-op pada kelas VII MTsN 12 Tabalong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode eksperimen. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dengan mengambil siswa kelas VII B dan kelas VII D sebagai sampel dari seluruh kelas VII MTsN 12 Tabalong. Kelas VII B diajar menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan kelas VII D diajar menggunakan model kooperatif tipe co-op co-op. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes akhir kelas yang diajar menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) adalah 81,42 dengan kualifikasi amat baik dan kelas yang diajar menggunakan model kooperatif tipe co-op co-op adalah 79,71 dengan kualifikasi baik. Uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe co-op co-op.