Strategi Pemasaran pada Biro Perjalanan Ibadah Haji dan Umrah (Studi Kasus pada PT. Albis Nusa Wisata Banjarmasin)
Daftar Isi:
- Nurul Hikmah, 2018. Strategi Pemasaran pada Biro Perjalanan Ibadah Haji dan Umrah (Studi Kasus pada PT. Albis Nusa Wisata Banjarmasin) Skripsi Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Pembimbing (I) Muhammad Rif’at, S.Ag. M.Ag dan (II) Sri Anafarhanah, SEI, M.SI. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Biro Perjalanan Ibadah Haji dan Umrah PT. Albis Nusa Wisata Banjarmasin adalah salah satu travel haji dan umrah yang diminati oleh masyarakat dalam menggunakan jasanya untuk menunaikan Ibadah Haji dan Umrah di Banjarmasin, hal ini terbukti dari banyaknya permohonan surat rekomendasi umrah yang diterima Kementerian Agama Kota Banjarmasin dari PT. Albis Nusa Wisata Banjarmasin. Pokok permasalahan penelitian ini adalah strategi pemasaran PT. Albis Nusa Wisata Banjarmasin, yang mengemukakan 2 substansi permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran pada PT. Albis Nusa Wisata Banjarmasin dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses memasarkan produk jasa haji dan umrah PT. Albis Nusa Wisata Banjarmasin. Jenis Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bersifat analisisdeskriptif, metode pengumpulan data melalui penelitian lapangan berupa, wawancara, dan dokumentasi dengan cara mengumpulkan data, disusun dan disajikan kemudian dianalisis secara langsung untuk mengungkapkan arti dari data tersebut. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini, pertama data diseleksi dan dikelompokkan, kemudian diolah berdasarkan masalah penelitian dan selanjutnya dianalisis menggunakan kata-kata sederhana sebagai jawaban atas permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pada PT. Albis Nusa Wisata Banjarmasin terdiri dari 4 elemen yaitu, 1) produk (haji plus, umrah reguler, umrah plus, dan wisata muslim), 2) harga (penentuan harga dibagi menjadi dua bagian yaitu menengah keatas dan menengah kebawah, 3) distribusi (dalam proses distribusinya telah mempersiapkan sistem dan pendukung yaitu mempunyai data jamaah yang akan dihubungi atau dikunjungi serta mempunyai daftar alumni jamaah dan calon jamaah, dan 4) promosi (melakukan penawaran harga kepada sub-sub agen kepada travel haji, umrah, dan wisata muslim) serta memasarkan melalui media cetak, media sosial, via telepon dan iklan spanduk.