Karakteristik Nasabah Giro Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin

Main Author: Vina, Sri Susilawati
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1089/1/BAB%201.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1089/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1089/
Daftar Isi:
  • Vina Sri Susilawati, 2015. Karakteristik Nasabah Giro Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam. Pembimbing (I) Rahman Helmi, S.Ag,. M.SI, Pembimbing (II) Rohana Faridah, SE. MM. Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakteristik produk giro Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin. Dimana produk giro sangat bermanfaat bagi individu maupun organisasi, hanya saja para pengusaha kurang menyadari bagaimana pentingnya bertransaksi dengan produk giro. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik nasabah giro pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin dan apakah faktor pengaruh kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan faktor pribadi berpengaruh secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan memilih produk giro Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field res¬earch), penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah giro pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin yang berjumlah 204 orang nasabah giro. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling yaitu yang berjumlah 68 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian sebagian besar nasabah giro Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin adalah dari kalangan usaha/organisasi seperti PT, CV, koperasi dan yayasan, hal ini dikarenakan produk giro dapat lebih menguntungkan dengan sifatnya yang berdasarkan bagi hasil. Dan faktor agama juga yang menjadi alasan utama menggunakan produk giro syariah. Hasil analisis regresi, R2 (R Square) sebesar 82,3% sisanya 17,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Hasil uji f variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen karena F hitung > F tabel yakni 73,357 > 2,52. Hasil uji t pengaruh kebudayaan (X1) (4,077 > 1,99834), kelas sosial (X2) (4,013 > 1,99834) dan faktor pribadi (X4) (2,778 > 1,99834) artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk giro Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin. Sedangkan kelompok referensi (X3) (0,479 < 1,99834) artinya secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk giro Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin. Berdasarkan data yang diperoleh penulis dari hasil pembagian kuesioner, maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik nasabah giro adalah pengusaha dan faktor pengaruh kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan faktor pribadi dapat dijadikan sasaran karakteristik calon Nasabah giro pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin.