Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya bisnis online yang menjadi minat baru dalam berbisnis dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin. Dari minat tersebut terdapat beberapa faktor yang memengaruhi minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk berbisnis online yaitu pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, ekspektasi pendapatan, dan kebebasan dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, ekspektasi pendapatan, dan kebebasan dalam bekerja secara parsial dan simultan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin untuk berbisnis online. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin berjumlah 2.122 dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling dengan rumus slovin. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama: variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari pendidikan kewirausahaan (X1), lingkungan keluarga (X2), ekspektasi pendapatan (X3), dan kebebasan dalam bekerja (X4) secara simultan berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk berbisnis online (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 38,658 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 2,47 dan nilai signifikansi F sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai α sebesar 0,05, sedangkan secara parsial masing-masing dari keempat variabel tersebut yaitu variabel pendidikan kewirausahaan (X1), lingkungan keluarga (X2), ekspektasi pendapatan (X3), dan kebebasan dalam bekerja (X4) berpengaruh terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin untuk berbisnis online.