Pengaruh Penggunaan Media Kereta Garis Bilangan Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika di MI TPI Keramat Banjarmasin
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nor Aida. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Kereta Garis Bilangan Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika di MI TPI Keramat Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Salamah, M.Pd (II) Makherus Sholeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Media Kereta Garis Bilangan, Bilangan Bulat, Hasil Belajar, Matematika Matematika sebagai salah satu disiplin ilmu penting diajarkan kepada setiap peserta didik di setiap jenjang pendidikan, tidak terkecuali pendidikan dasar. Pembelajaran matematika di sekolah dasar hendaknya dapat dioptimalkan proses dan hasil belajarnya dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Hasil observasi peneliti di MI TPI Keramat Banjarmasin menunjukkan minimnya penggunaan media dalam proses belajar mangajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat antara siswa yang menggunakan media kereta garis bilangan dengan siswa yang menggunakan media gambar garis bilangan dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kereta garis bilangan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI TPI Keramat Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di MI TPI Keramat Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018. Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen (menggunakan media kereta garis bilangan) dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol (menggunakan media gambar garis bilangan). Materi yang diajarkan adalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pre-test dan nilai post-test sebagai data penilaian. Hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI TPI Keramat Banjarmasin dengan menggunakan media kereta garis bilangan nilai rata-rata pre-test 50,18 dan nilai rata-rata post-test 73,39. Sedangkan hasil belajar matematika kelas IV di MI TPI Keramat Banjarmasin dengan menggunakan media gambar kereta garis bilangan nilai rata-rata pre-test 50 dan nilai rata-rata post-test 60,71. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji U didapat Zhitung = -3,433 sedangkan Ztabel = 1,960 pada taraf signifikansi = 0,05. Harga Zhitung lebih kecil dari Ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kereta garis bilangan pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI TPI Keramat Banjarmasin. Hal ini menandakan bahwa media kereta garis bilangan dapat dijadikan alternatif media bagi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran, terutama pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.