Analisis Prosedur Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor pada PT Jasindo Syariah Kantor Pemasaran Banjarmasin
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai prosedur klaim asuransi kendaraan bermotor pada PT Jasindo Syariah kantor pemasaran Banjarmasin. Klaim merupakan salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan. Klaim asuransi ditolak oleh perusahaan asuransi. Banyak orang yang tidak berminat lagi dengan asuransi, karena tidak ingin kejadian tersebut terjadi kepadanya. Banyak alasan klaim asuransi ditolak oleh perusahaan. Salah satunya karena tidak mengetahui secara pasti mengenai prosedur klaim yang baik dan benar sesuai aturan yang ditetapkan oleh masing-masing lembaga asuransi. Asuransi PT Jasindo syariah adalah asuransi yang bergerak pada asuransi umum yang berlandaskan syariah, memiliki kantor pemasaran salah satunya yang terletak di Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan meneliti langsung ke tempat penelitian, dengan menggunankan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diolah dengan teknik editing dan deskripsi. Adapun hasil penelitian ini adalah prosedur dalam mengajukan tuntutan kliam asuransi kendaraan bermotor, yaitu melaporkan bila terjadi kerugian, mengajukan tuntutan klaim secara resmi, melampirkan dokumen pendukung klaim, verifikasi dokumen klaim, survei, dan terakhir pembayaran ganti rugi. Kendala dalam proses klaim yang sering dialami antara lain adalah polis hilang atau rusak, kelebihan waktu klaim, klaim tidak tercakup dalam polis, Kendaraan bermotor beralih kepemilikan, polis asuransi tidak berlaku lagi serta dokumen pendukung klaim tidak lengkap.