Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya penguasaan guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga dapat mengatasi hasil belajar dan pengelolan kelas lainnya agar menjadi lebih baik lagi serta menjadikan matematika sebagai mata pelajaran yang menyenangkan dan mudah untuk dipahami ole peserta didik berbantu media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum penggunaan media flip chart pada mata pelajaran matematika siswa kelas I di MI Khadijah Kelurahan Sungai Bilu kota Banjarmasin? 2) Bagaimana hasil belajar siswa sesudah menggunakan media flip chart pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas I di MI Khadijah Kelurahan Sungai Bilu kota Banjarmasin? 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media Flip Chart terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika peserta didik kelas I di MI Khadijah Kelurahan Sungai Bilu kota Banjarmasin? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media flip chart pada mata pelajaran matematika siswa kelas I di MI Khadijah Kelurahan Sungai Bilu kota Banjarmasin 2) hasil belajar siswa sesudah menggunakan media flip chart pada mata pelajaran matematika siswa kelas I di MI Khadijah Kelurahan Sungai Bilu kota Banjarmasin 3) pengaruh yang signifikan penggunaaan media flip chart terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas I di MI Khadijah Kelurahan Sungai Bilu kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode Pra-eksperimen desain One-Group-Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas I berjumlah 30 orang diambil dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media flip chart adalah 61,67 berada pada kualifikasi cukup 2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan media flip chart adalah 87,50 berada pada kualifikasi amat baik. 3) Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji wilcoxon diketahui nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan media flip chart terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas I di MI Khadijah Kelurahan Sungai Bilu Kota Banjarmasin.