Daftar Isi:
  • H. Hadi. 2018. Efektifitas Penggunaan Strategi Index Card Match Dalam Pembelajaran Tarkib Untuk Siswa Kelas VIII MTsN 2 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr Taufiqurrahman S.Ag, M.Ed,. dan H. M. Kamil Ramma Oensyar, S.Pd.I., M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Tarkib. Strategi Index Card Match Skripsi ini menyajikan tentang penggunaan strategi Index Card Match dalam pembelajaran tarkib untuk siswa kelas VIII MTsN 2 Banjarmasin. Dengan materi keseharian di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan strategi Index Card Match efektif dalam meningkatkan pembelajaran tarkib untuk siswa kelas VIII MTsN 2 Banjarmasin? Jenis Penelitian Penelitian Lapangan (Research Research) yaitu menggunakan strategi Index Card Match dalam pembelajaran tarkib untuk siswa kelas VIII MTsN 2 Banjarmasin. Oleh karena itu, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimental dan kelas kontrol, kelas delapan "A" kelas eksperimen dan kelas delapan "B" untuk kelas kontrol. Materi dalam penelitian ini yaitu tarkib isnadi jumlah ismiyah dari mubtada dan khabar. Hasil penelitian mengacu pada Sig (2 Tailed) > 0,05 maka Haditerima dan H0ditolak dan Sig (2 Tailed) > 0,05 maka Haditolak dan H0diterima. Dan pada hasil penelitian, nilai hitung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,00, yang mana 0,00 > 0,05 Hal tersebut menunjukkan bahwa Haditerima dan H0ditolak, Maka terdapat perbedaan yang signifikan pada postest di kelas eksperimen yang pembelajarannya mengunakan strategi Index Card Match dan kelas kontrol yang pembelajarannya tidak menggunakan strategi Index Card Match. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan strategi Index Card Match dalam pembelajaran tarkib di kelas VIII MTsN 2 Banjarmasin adalah efektif.