Pembelajaran sejarah kebudayaan islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi di mts nahdlatussalam anjir serapat tengah kecematan kapuas timur kabupaten kapuas
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi di MTs Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Tecematan Kapuas Timur, kabupaten Kapuas.2) Mengetahui Apa saja faktor Pendukung serta Penghambat dalam Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi di MTs Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Tecematan Kapuas Timur, kabupaten Kapuas. Subjek penelitian adalah 1 orang guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan seluruh siswi kelas X di MTs Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Tecematan Kapuas Timur, kabupaten Kapuas. Objek penelitian ini adalah Pembelajaran SKI berbasis TIK. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi, dan interpretasi data, setelah itu penulis mengadakan analisis data terhadap permasalahan yang dikemukakan. Data tersebut disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa Pembelajaran SKI berbasis TIK dengan menggunakan komputer multimedia dilakukan Guru SKI di MTs Nahdlatussalam Anjir Serapat tengah Kecematan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas meliputi tiga tahap yaitu tahap pertama pembukaan yang meliputi salam, apersepsi, pretest, motivasi, dan mengkondisikan kelas. Tahap kedua inti materi, metode dan strategi pembelajaran. Alat bantu yang digunakan oleh guru adalah laptop, LCD proyektor, CD pembelajaran, spiker dan video. Alat bantu tersebutsudah bisa mendukung proses berjalannya pembelajaran, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Dan tahap ketiga yaitu penutup meliputi penilaian atau evaluasi, dan menyimpulkan materi. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK yaitu, faktor guru, dan kesiapan siswa. Faktor penghambat dalam pembelajaran adalah keterbatasan waktu dan kurangnya sarana prasarana seperti LCD ,Komputer.