Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) Berbantu Software Geogebra Ditinjau Dari Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas VIII MTs Al-Fattah Astambul Kab. Banjar Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Utami, Yana
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/10/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/2/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/1/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/3/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/4/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/5/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/6/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/7/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/9/LAMPIRAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/10520/
Daftar Isi:
  • Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) adalah model pembelajaran yang menekankan bahwa siswa harus aktif menggunakan fisik dan memanfaatkan semua panca indera. Sedangkan Software Geogebra adalahSoftware yang dipergunakan untuk mendukung pembelajaran dan penyelesaian persoalan matematika khususnya geometri, aljabar dan kalkulus. Kemampuan metakognitif adalah kemampuan yang dianggap relevan dengan kemampuan berpikir kritis, karena kemampuan metakognitif merupakan kemampuan berpikir derajat dua yang memerlukan pengetahuan tentang pengetahuannya sendiri dan orang lain. Kemampuan metakognitif yang diteliti mencakup tiga hal, kemampuan perencanaan, kemampuan pemantauan dan kemampuan penilain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran SAVI yang diterapkan dengan bantuan Software geogebra pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII MTs Al-Fattah Astambul Kab. Banjar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitaif dan metode penelitian ini adalah eksperimen yaitu Quasi Eksperimental. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Fattah Astambul Kab. Banjar dan obyek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori,Visual, Intelektual), software geogebra dan kemampuan metakognitif siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) berbantu software geogebra ditinjau dari kemampuan metakognitif siswa efektif digunakan dan memiliki kualifikasi baik.Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, ketuntasan belajar di kelas eksperimen yaitu 80,76% sedangkan di kelas kontrol memiliki ketuntasan belajar 50%. Respon siswa terhadap model pembelajaran SAVI berbantu software geogebra memiliki kualifikasi sangat baik, dengan persentase 80,51%.