Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan sesuai fakta yang ada di SMP Negeri 20 Banjarmasin yang menunjukkan adanya siswa terlihat kurang adanya motivasi dalam belajar sehingga tidak memadai untuk menumbuhkan semangat anak dalam belajar itu sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh latar belakang ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di sekolah menengah pertama negeri 20 banjarmasin. Rumusan masalah penelitian ini yaitu adakah Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa VIII di SMP Negeri 20 Banjarmasin. Jenis penelitian ialah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 20 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Random Sampling dengan sampel sebanyak 114 orang dari kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket ekonomi orang tua dan motivasi belajar, wawancara, observasi, dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase serta bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh latar belakang ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 20 Banjarmasin. Hasil ini ditunjukan pada nilai sig sebesar 0,00 pada koefesien regresi lebih kecil dari nilai probabilitas (0,001 < 0,05) dengan pengujian hipotesis juga dapat ditunjukan bahwa t hitung 3,734 > t tabel 1,6587 maka dalam penelitian Ha = diterima dan Ho = ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 20 Banjarmasin. Dengan demikian peningkatan motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh latar belakang ekonomi orang tua.