Pengaruh Penggunaan Media Mock-up Pada Pembelajaran IPA Materi Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyyah Taman Pemuda Islam Keramat Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dalam materi peredaran darah antara siswa yang dibelajarkan dengan media Mock-up dengan siswa yang dibelajarkan dengan media gambar dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Mock-up terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI TPI Keramat Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di MI TPI Keramat Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018. Kelas V B sebagai kelompok eksperimen (menggunakan media Mock-up) dan kelas V A sebagai kelompok kontrol (menggunakan media gambar). Materi yang diajarkan adalah peredaran darah. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pre-test dan nilai post-test sebagai data penilaian. Hasil belajar IPA siswa kelas V di MI TPI Keramat Banjarmasin dengan menggunakan media Mock-up nilai rata-rata pre-test 43 dan nilai rata-rata posttest 57. Sedangkan hasil belajar IPA kelas V di MI TPI Keramat Banjarmasin dengan menggunakan media gambar nilai rata-rata pre-test 43 dan nilai rata-rata post-test 43. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji U didapat Zhitung = -5,217 sedangkan Ztabel = -1,960 pada taraf signifikansi = 0,05. Harga Zhitung lebih kecil dari Ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Mock-up pada pembelajaran IPA materi peredaran darah terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI TPI Keramat Banjarmasin dimana kelompok eksperimen diperlakukan dengan menggunakan media Mock-up sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran dengan media gambar. Hal ini menandakan bahwa media Mock-up dapat dijadikan alternatif media bagi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran, terutama pembelajaran IPA materi peredaran darah.