Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Couples Exchanging dan The Power of Two pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII MTsN 2 Tapin Tahun Pelajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Herdayanti. 2017. Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Couples Exchanging dan The Power of Two pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII MTsN 2 Rantau Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Pembimbing: Hasby Assidiqi, S.Pd.,M.Si. dan Drs.H. Murdan, M.Ag. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Make a Match, Couples Exchanging dan The Power of Two pada materi Bilangan siswa kelas VII MTsN 2 Tapin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model Make a Match, Couples Exchanging dan The Power of Two pada materi bilangan di kelas VII MTsN 2 Tapin tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode komparatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTsN 2 Tapin. Sampel penelitian adalah kelas VII A MTsN 2 Tapin sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Make a Match, kelas VII B MTsN 2 Tapin sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Couples Exchanging dan kelas VII E MTsN 2 Tapin sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran The Power of Two. Materi yang diajar adalah bilangan bulat. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, selajutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match ,Couples Exchanging dan The Power of Two.