Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media persegi panjang dalam pembelajaran bilangan pecahan di kelas V MI Darut Taqwa Banjarmasin, dan mengetahui faktor-faktor pembelajaran media persegi panjang pada materi bilangan pecahan di kelas V MI Darut Taqwa Banjarmasin. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan pengumpulan data langsung ke lokasi penelitian. yaitu satu orang guru matematika dan satu orang murid di Madrasah Ibtidayah Darut Taqwa Banjarmasin. Pendekatan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dengan koleksi data, editing, klasifikasi, interprestasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan pada pembelajaran matematika pada siswa kelas V MI Darut Taqwa Banjarmasin. Dari tahap persiapan dan perencanaan sudah baik karena guru yang bersangkutan selalu membuat RPP sebelum melaksanaan pelajaran. Pada tahap pelasanaan, guru sudah terlihat baik dalam menggunakan media persegi panjang, adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media Persegi Panjang pada mata pelajaran Matematika kelas V di MI Darut Taqwa Banjarmasin; faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana, faktor waktu, dan faktor lingkungan.