Pengaruh Penggunaan Media Holkon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I di MIN 4 Banjar
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru mata pelajaran matematika yang sangat jarang menggunakan media serta penggunaan media pembelajaran yang hanya terbatas pada papan tulis, buku dan spidol. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media holkon pada mata pelajaran matematika kelas I di MIN 4 Banjar dan pengaruh media holkon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas I di MIN 4 Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan media holkon dan mengetahui pengaruh penggunaan media holkon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas I di MIN 4 Banjar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang siswa MIN 4 Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media holkon memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dapat dilihat pada posttest hasil belajar siswa di kelas kontrol memiliki nilai rata-rata adalah 71,20 berada pada kualifikasi baik. Sedangkan hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata adalah 82,80 berada pada kualifikasi sangat baik. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji mann whitney atau uji u diketahui nilai Sig. 0,008 karena 0,008 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji u menunjukkan bahwa media holkon memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan perhitungan data posttest maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh penggunaan media holkon pada mata pelajaran matematika kelas I di MIN 4 Banjar.