Peningkatan Hasil Belajar Materi peristiwa Alam yang terjadi Di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan life Skills Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handi lI Tambak Sirang kecamatan Gambut kabupaten Banjar

Main Author: Wardah, Wardah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1041/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1041/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1041/
ctrlnum 1041
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/1041/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Materi peristiwa Alam yang terjadi Di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan life Skills Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handi lI Tambak Sirang kecamatan Gambut kabupaten Banjar</title><creator>Wardah, Wardah</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Wardah. 2014 Peningkatan Hasil Belajar Materi peristiwa Alam yang terjadi Di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan life Skills Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handi lI Tambak Sirang kecamatan Gambut kabupaten Banjar&#xD; Pembimbing:&#xD; Dr. Saifuddin Ahmad Husin, M. A.&#xD; &#xD; Kata kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Peristiwa Alam, Life Skills&#xD; &#xD; Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kretivitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran pengetahuan sosial dimadrasah sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa sangat rendah, baik pada proses maupun produk pembelajarannya. sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional.&#xD; Keadaan tersebut potensial menumbuhkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai innovator pembelajaran. Peningkatan kretivitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, serta kolaboratif dengan menggabungkan stretegi index card match.&#xD; Pengembangan program didasarkan data- data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas melalui dua tahapan siklus penelitian&#xD; Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru IPS dan siswa kelas VI MIN.Handil II kecamatan Gambut pada semester II (dua), Tahun pelajaran 2013- 2014 dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki- laki dan 10 orang siswa perempuan.&#xD; Pada siklus pertama sebagian siswa sudah terbiasa dengan kondisi belajar pendekatan life skills ini, walaupun demikian hasilnya belum maksimal hasil tes pertemuan pertama siklus satu rata-rata 6,90 ini masih belum maksimal. Dilanjutkan siklus kedua, pertemuan pertama hasil tes rata- rata 8,08 pada pertemuan kedua siklus kedua rata-rata 8,12. Hasil ini cukup memuaskan melampui dari standar ketuntasan belajar maksimal yaitu 7,0 yang ditetapkan oleh madrasah, dari hal pelaksanaan PTK, siklus pertama dan kedua ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui pendekatan life skills (kecakapan hidup) siswa kelas VI MIN Handil II berhasil dengan baik.</description><date>2015-08-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/1041/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/1041/2/BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> Wardah, Wardah (2015) Peningkatan Hasil Belajar Materi peristiwa Alam yang terjadi Di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan life Skills Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handi lI Tambak Sirang kecamatan Gambut kabupaten Banjar. [Skripsi] </identifier><recordID>1041</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wardah, Wardah
title Peningkatan Hasil Belajar Materi peristiwa Alam yang terjadi Di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan life Skills Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handi lI Tambak Sirang kecamatan Gambut kabupaten Banjar
publishDate 2015
topic L Education (General)
url http://idr.uin-antasari.ac.id/1041/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1041/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1041/
contents Wardah. 2014 Peningkatan Hasil Belajar Materi peristiwa Alam yang terjadi Di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan life Skills Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Handi lI Tambak Sirang kecamatan Gambut kabupaten Banjar Pembimbing: Dr. Saifuddin Ahmad Husin, M. A. Kata kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Peristiwa Alam, Life Skills Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kretivitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran pengetahuan sosial dimadrasah sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa sangat rendah, baik pada proses maupun produk pembelajarannya. sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional. Keadaan tersebut potensial menumbuhkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai innovator pembelajaran. Peningkatan kretivitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, serta kolaboratif dengan menggabungkan stretegi index card match. Pengembangan program didasarkan data- data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas melalui dua tahapan siklus penelitian Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru IPS dan siswa kelas VI MIN.Handil II kecamatan Gambut pada semester II (dua), Tahun pelajaran 2013- 2014 dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki- laki dan 10 orang siswa perempuan. Pada siklus pertama sebagian siswa sudah terbiasa dengan kondisi belajar pendekatan life skills ini, walaupun demikian hasilnya belum maksimal hasil tes pertemuan pertama siklus satu rata-rata 6,90 ini masih belum maksimal. Dilanjutkan siklus kedua, pertemuan pertama hasil tes rata- rata 8,08 pada pertemuan kedua siklus kedua rata-rata 8,12. Hasil ini cukup memuaskan melampui dari standar ketuntasan belajar maksimal yaitu 7,0 yang ditetapkan oleh madrasah, dari hal pelaksanaan PTK, siklus pertama dan kedua ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia melalui pendekatan life skills (kecakapan hidup) siswa kelas VI MIN Handil II berhasil dengan baik.
id IOS4802.1041
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:14:30Z
last_indexed 2017-10-30T02:14:30Z
recordtype dc
_version_ 1683450862126497792
score 17.538404