Daftar Isi:
  • Widi Hartono, 2018. Korelasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran SBTQ dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VIII di MTsN 3 Tapin. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing Bidang Konten dan Metodologi Bapak Dr. Yahya MOF, M. Pd dan Pembimbing Bidang Bahasa dan Teknik Penulisan Bapak Dr. M. Daud Yahya, S. Ag, M. Ag Skripsi ini dilatar belakangi oleh kemunculan mata pelajaran SBTQ (Seni Baca Tulis Qur’an) yang serumpun keilmuannya dengan mata pelajaran Qur’an Hadits di MTsN 3 Tapin. Dikatakan bahwa mata pelajaran ini adalah sebagai jawaban dari minimnya kemampuan baca dan tulis Qur’an pada kalangan remaja. Materi SBTQ yang serumpun dengan Qur’an Hadits yang sama-sama membicarakan seputar AlQur’an dan implikasinya membuat pertanyaan baru, apakah dengan peningkatan prestasi belajar mata pelajaran SBTQ dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Skripsi ini membicarakan tentang korelasi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran SBTQ dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an hadits. Sebab kemunculan SBTQ ini dikatan sebagai jawaban dari kurangnya waktu belajar Qur’an Hadits. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Populasi penelitian berjumlah 190 orang dan sampel yang diambil sebanyak 127 orang. Dalam mengumpulkan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa adanya korelasi yang signifikan antara prestasi belajar SBTQ dengan prestasi belajar Qur’an Hadits dengan koefisien yaitu 0. 353 atau dalam kontribusinya sebesar 12,46%.